Belanda: Netherlands atau Holland?

Belanda: Netherlands atau Holland?

0
BAGIKAN
Amsterdam, Ibukota Belanda yang dikelilingi kanal - kanal

Holla back, Perantau!

Setiap 30 April, Belanda mengadakan perayaan besar-besaran di hampir seluruh penjuru negeri. Seluruh masyarakat bersuka cita merayakan hari ulang tahun Ratu Belanda, yang kemudian dikenal dengan Queen’s Day atau Koninginnedag. Pada hari itu tak ada yang luput dengan warna Orange, dari baju, hiasan kota dan spanduk, hingga makanan dan minuman. Orange dijadikan tema perayaan karena mengikuti nama dari keluarga kerajaan, yaitu House of Orange. Namun sejak King Willem-Alexander naik tahta, pelaksanaan Queen’s Day atau Koninginnedag sudah diganti menjadi King’s day atau Koningsdag yang jatuh pada tanggal 27 April bertepatan dengan ulang tahun King Willem-Alexander of the Netherlands.

Tetapi, kami tidak akan bercerita tentang Queens Day ataupun warna Orange. Kami akan berbagi informasi tentang negeri Belanda secara umum.

Tentang negara Belanda, manakah yang kawan-kawan sering menyebutnya, Netherlands atau Holland? Adakah perbedaan diantara keduanya?

Yuk, kita bahas pelan-pelan yaa ^_^

Orang-orang Indonesia mengenal Negeri Tulip ini dengan sebutan Belanda. Jerman, negera tetangga, menyebut Belanda dengan Niederlände, yang jika di-bahasa Inggris-kan menjadi Netherlands. Orang-orang Belanda sendiri (Dutch) menyebut negera mereka dengan The Kingdom of Netherlands. The Kingdom of Netherlands inilah yang menjadi nama resmi Belanda. Sekarang ini Belanda terdiri dari 12 provinsi, yaitu:

  1. Groningen
  2. Friesland
  3. Drente
  4. Overijssel
  5. Flevoland
  6. Gelderland
  7. Utrecht
  8. Zealand
  9. North Brabant
  10. Limburg
  11. North Holland
  12. South Holland
Kanal panjang di tengah kota Amsterdam
Kanal panjang di tengah kota Amsterdam

Sekarang, terlihatlah asal kata Holland itu! Jadi, Holland adalah nama provinsi di Netherlands. Lalu, kenapa orang-orang lebih mengenal Holland dibanding Netherlands? Hal itu dikarenakan kota-kota besar tujuan wisata seperti Amsterdam, Rotterdam, dan Den Haag terletak di dua provinsi ini. Bahkan agen pariwisata milik pemerintah Belanda membuat website traveling dengan nama Holland.com, untuk memudahkan wisatawan mengunjungi kota-kota besar di Belanda.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Pesan Balasan