Belanda: Netherlands atau Holland?

Belanda: Netherlands atau Holland?

0
BAGIKAN

Kapal - Kapal Pesiar Di Sungai Amsterdam
Kapal – Kapal Pesiar Di Sungai Amsterdam

Fakta menarik lainnya tentang Netherlands:

  1. Orang-Orang yang tinggal di Holland disebut Hollanders, tetapi seluruh penduduk Belanda disebut Dutch sesuai dengan nama bahasanya. Uniknya, orang-orang Dutch sering berkata, “Nederlands sprekende Nederlanders in Nederland“ – Netherland speaks Netherlanders. Sama halnya dengan Jerman, negara tetangga: Die Deutschen sprechen Deutsch in Deutschland, yang artinya “Orang-orang Jerman berbahasa Jerman di Jerman. Cukup membingungkan ya?

Intinya, negara Belanda disebut Netherlands, orang-orangnya disebut Dutch, dan mereka berbahasa Dutch. Tak ada negara yang bernama Holland. Holland hanyalah nama provinsi di Netherlands (Belanda).

  1. The Kingdom of Netherlands ternyata tidak hanya negara Belanda saja, tetapi ada tiga negara lainnya yang terbentang dari North Sea hingga ke Carribean, yaitu Aruba, Curaçao, Sint Maarten. Berarti ada perbedaan antara The Kingdom of Netherlands dan Netherlands sendiri. The Kingdom of Netherlands adalah negara berdaulat yang komprehensif, empat negara yang bergabung dibawah naungannya karena dasar kesetaraan, dan Netherlands adalah salah satu dari keempat negara tersebut.

Aruba, Curaçao, Sint Maarten adalah tiga pulau yang berbentuk negara konstituen, sementara tiga pulau yang lain yaitu Bonaire, Sint Eustastius, dan Saba menjadi bagian dari Netherlands yang secara kolektif disebut Carribean Netherlands.

  1. Holland sekarang ini dijadikan sebagai nama merk bagi Belanda yang digunakan dalam urusan bisnis dan pariwisata, juga mewakili kebesaran suatu bangsa.

Terdapat enam pulau Karibia, empat negara, dua belas provinsi, dua Hollands, dua ‘Belanda’, dan satu kerajaan, kesemuanya adalah milik orang – orang Dutch (Orang Belanda)

Coba bayangkan, seandainya tidak ada orang – orang yang memperjuangkan kemerdekaan, mungkin Republik Indonesia ini menjadi bagian dari The Kingdom of Netherlands dan ditinggali oleh para Dutch.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Pesan Balasan