Kontribusi

Kontribusi

Terdapat 2 jenis Kontributor di Mahasiswa Rantau:

1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang sedang atau pernah menempuh pendidikan di Tanah Rantau, baik di Indonesia ataupun di luar Indonesia.
2. Warga Negara Asing (WNA) yang berasal dari luar Indonesia dan sedang/pernah menempuh pendidikan atau pertukarang pelajar di Indonesia.

Kontributor merupakan Mahasiswa S1, S2, S3, Post-Doctorate yang menempuh pendidikan di luar kota atau negara asal, dengan aturan sebagai berikut:

Seluruh karya teks, foto, atau video adalah murni karya penulis dan bukan hasil salinan (plagiat).

Kami sangat menjunjung tinggi karya dan keaslian materi. Tidak diperkenankan untuk memplagiat atau menyalin karya Mahasiswa Rantau termasuk teks, foto atau media lain. Artikel yang sudah pernah dipublikasikan di media publikasi lain, seperti blog umum, media elektronik dan cetak, dsb., tidak dapat dipublikasikan lagi di Mahasiswa Rantau tanpa mengubah secara signifikan redaksi dan perspektifnya.

Panjang artikel secara ideal 500–1.500 kata, dilengkapi foto jika ada. Untuk esai foto, 5-10 foto dilengkapi keterangan singkat untuk masing-masing foto dan sebuah kata pengantar satu paragraf.

Kontribusi dikirimkan melalui halaman “Kirim Tulisan”

Mohon sertakan biodata singkat satu paragraf beserta foto yang menampakkan wajah secara jelas.

Kami berhak melakukan penyuntingan dan perombakan bagi setiap tulisan untuk menjaga kualitas.

Kami berhak menolak kontribusi.

Proses penyuntingan dapat memakan waktu satu hingga empat minggu, karena kami berusaha untuk menyajikan materi yang berimbang, dan situs ini dikelola secara mandiri/independen.

Dilarang memuat ulang seluruh materi (tulisan atau gambar atau media lain) yang ada di publikasi Mahasiswa Rantau ke media lain baik elektronik, cetak, audio, atau visual tanpa izin penulis yang bersangkutan. Diperbolehkan mengutip artikel Mahasiswa Rantau dalam kutipan singkat, satu paragraf atau beberapa kalimat, tanpa mengubah isi/materi dan harus mencantumkan sumber Mahasiswa Rantau dengan tautan ke alamat asal dan menyertakan penulisnya.

Semua materi dan artikel adalah hak cipta dan milik masing-masing penulis, dan menjadi tanggung jawab masing-masing penulis akan segala hal yang terkait dengannya. Mahasiswa Rantau tidak bertanggungjawab terhadap akurasi, keaslian, dan pertanggungjawaban materi tersebut. Meski demikian, Mahasiswa Rantau akan berusaha keras untuk menjaga semua materi yang terbit di situs ini melalui riset dan penyuntingan yang ketat sebelum diterbitkan. Jika ada bagian materi yang hak ciptanya ada pada orang lain (misalnya, foto) adalah tanggung jawab kontributor untuk meminta izin tertulis terlebih dahulu. Tuliskanlah izin tersebut di artikel Anda secara terus terang. Cantumkan pranala balik ke situs web pemiliki hak cipta jika ada. Anda juga dapat melakukan catatan kaki atau daftar pustaka singkat.

Sifat kontribusi adalah sukarela dan kami tidak menjanjikan kompensasi dalam bentuk apa pun. Namun karena sifat tulisan adalah milik penulis masing-masing, tidak menutup kemungkinan bila ada peluang publikasi tulisan tersebut dalam sifat yang komersil, misal buku atau media lain, dan kita akan membicarakan hal tersebut dengan penulis masing-masing.