Summer Ramadhan di Dresden, Jerman

Summer Ramadhan di Dresden, Jerman

0
BAGIKAN

Lebaran 2009 Dresden Photo by Abdulhadi Suwandi
Lebaran 2009 Dresden Photo by Abdulhadi Suwandi

Saya memastikan apakah benar tempat ini adalah masjid kepada seorang bapak yang baru saja selesai menginjak anak tangga terakhir menuju lantai dua masjid. Satu-satunya orang yang saya temui di lantai itu dan beliau mengiyakan.  Mungkin muslimah lain akan datang sebentar lagi, begitu pikir saya.  Lokasi masjid pindah pada awal tahun 2009, sebelumnya terletak tak jauh dari masjid yang sekarang.

Saya diarahkan ke ruangan terpisah yang nampaknya akan dijadikan ruang perpustakaan karena terdapat rak dengan buku-buku.  Di dalam ruangan saya tidak menemukan arah kiblat, tetapi saya turuti saja arah sajadah yang sudah tergelar. Saya menunggu cukup lama sebelum sholat isya dan tarawih dimulai.  Tetapi tetap saja tak juga ada Muslimah yang datang.

Beberapa orang yang melintasi ruangan melihat saya. Saya mendengar seorang Bapak berbicara mungkin dalam Bahasa Turki dengan seorang jamaah lain.  Saya mengira mereka sedang membicarakan saya. Saya jadi agak was-was, mungkin arah kiblat saya salah karena sajadah yang saya temukan tadi tidak terletak rapi.

Beberapa menit kemudian, seorang Bapak menghampiri ruangan saya dan berhenti tepat di samping kerangka pintu. Wajahnya tak nampak, lengan kirinya menjulur ke dalam ruangan dan menunjuk arah kiblat yang sebenarnya.  Sholat Isya pun dimulai.  Hampir saja saya menghadap ke arab kiblat yang salah.

Diantara sholat isya dan tarawih, sang imam memberi ceramah singkat dan memimpin doa bersama untuk masyarakat Palestina, serta ajakan menggalang dana. Saat itu memang sedang terjadi konflik di Palestina. Beberapa minggu sebelumnya pun sekelompok penentang aksi Israel terhadap Palestina melakukan aksi demo melintasi jalan utama di depan asrama saya di Fritz-Löffler Straße.  Mereka meneriakkan “Free…Free.. Palestine” sambil membawa bendera Palestina. Mereka dikawal oleh polisi setempat.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Pesan Balasan